Rabu, 10 September 2008

Pemrograman Database

Apa yang dimaksud dengan database?
Database bisa dikatakan sebagai suatu kumpulan dari data yang tersimpan dan diatur atau diorganisasikan sehingga data tersebut bisa diambil atau dicari dengan mudah dan efisien.

Oleh karena itu semua aplikasi harus memiliki database untuk menyimpan data-datanya. dapat diambil contoh buku telepon. Bagaimana caranya kok kita dapat menulis, menyimpan dan suatu saat kita membacanya. Kita akan pelajari bersama.

Dalam PHP ini database yang sangat mendukung adalah MySql. MySql adalah perangkat lunak/software yang digunakan untuk membangun database yang sering digunakan pada lingkungan Sistem Operasi Linux. Tetapi sudah beberapa tahun yang lalu telah dapat digunakan pada Windows/Microsoft.

Operasi data pada setiap database pada umumnya mengikuti pola yang sama, atau yang disebut juga dengan SQL (Structure Query Language). Dimana langkah-langkah tersebut yaitu :
  1. Koneksi Database
  2. Memilih dan membuka Database.
  3. Mengirim perintah-perintah untuk memanipulasi data pada Database.
  4. Mengakses hasil data dengan query yang telah dibuat.
  5. Menutup koneksi ke database.
Sekian dari pengertian database dari penulis. Pada pertemuan yang akan datang akan dibahas tentang MySql dengan menggunakan perintah-perintah SQL

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda